JAGA PENDENGARAN, PENGLIHATAN, DAN HATIMU

Berhati-hatilah dengan pendengaran, penglihatan, dan hatimu.

Akan ada hari, yang pada hari itu kita harus mempertanggung jawabkan pendengaran, penglihatan, dan hati.

 وَلاَ تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُوْلَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْؤُولاً

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (Al-Isra’: 36)

Sungguh setiap orang akan ditanya: “Mengapa kamu mendengarkan suara-suara yang haram didengar?” “Mengapa kamu melihat hal-hal yang haram untuk dilihat?” “Mengapa kamu memiliki niat yang kuat untuk melakukan perbuatan yang diharamkan?”

وَلَتُسْأَلُنَّ عَمَّا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan. (An-Nahl: 93)

Maka demi Tuhanmu, kami pasti akan menanyai mereka semua, tentang apa yang telah mereka

فَوَرَبِّكَ لَنَسْأَلَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ  ◌عَمَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Maka demi Tuhanmu, kami pasti akan menanyai mereka semua, tentang apa yang telah mereka kerjakan dahulu. (Al-Hijr: 92-93)

Atau seperti pendapat Al-Qutuby, bahwa anggota tubuh manusia akan tentang perbuatan yang telah dilakukannya. (Karena pada hari itu lisan menjadi bisu).

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ  

Pada hari Ini kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan. (Yasin: 65)

شَهِدَ عَلَيْهِمْ سَمْعُهُمْ وَأَبْصَارُهُمْ وَجُلُودُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan. (Fushshilat: 20)

Maka berhentilah dari perbuatan haram. Sesungguhnya Allah memberikan nikmat pendengaran, penglihatan, dan hati itu untuk disyukuri. Dengan nikmat-nikmat itu Allah menguji dan akan menuntut pertanggung jawabanmu. Maka janganlah nikmat-nikmat Allah itu kamu gunakan untuk bermaksiat.

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُم مِّن بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لاَ تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأَبْصَارَ وَالأَفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. (An-Nahl: 78)

Sumber: أضواء البيان في إيضاح القرآن بالقرآن

Posted on Agustus 22, 2013, in JAGA PENDENGARAN PENGLIHATAN DAN HATIMU and tagged , , , . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada JAGA PENDENGARAN, PENGLIHATAN, DAN HATIMU.

Komentar ditutup.